Sepuluh Tips Agar Daya Ingat Tidak Hilang


Hilangnya daya ingat lebih sering dialami orang tua, tetapi penyakit ini juga tidak jarang terjadi pada orang yang masih muda. Penyakit lupa ini dan jenis yang paling sering dikenal, Alzheimer, mengakibatkan pakar berbagai disiplin ilmu (ahli psikologi, jiwa, dokter saraf) mengusulkan berbagai cara untuk mencegahnya.

Pada orang muda, penyebab utamanya (di luar penyakit) ialah banyaknya tugas yang harus dikerjakan dan sempitnya waktu untuk menyelesaikannya. Untuk mengatasi penyakit lupa ini, beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu:
·    Upayakanlah agar anda lebih banyak mendengar daripada bicara. Soalnya, untuk mendengar, anda akan lebih banyak melatih daya konsentrasi.
·    Hindari berlama-lama bergabung dengan orang-orang yang berpikiran negatif. Pikiran positif akan merangsang otak dan hari-hari anda pun akan terasa lebih cerah.
·    Tetaplah berpegang pada pola makan sehat: makanan berprotein, buah-buahan dan sayur-sayuran. Semua jenis makanan ini akan menambah kemampuan otak.
·    Hindari makanan berlemak tinggi. Lemak akan menyumbat pembuluh darah arteri yang memasok darah ke otak.
·    Gunakanlah vitamin, khususnya vitamin E, seng dan Ginko Biloba. Beberapa penelitian membuktikan bahwa semua ini dapat membantu mengatasi penuaan dan hilangnya daya ingat.
·    Bacalah lebih banyak buku dan luangkan waktu anda untuk mengisi teka-teki silang. Kedua kegiatan ini dapat melatih otak.
·    Hindari konsumsi alkohol berlebihan. Takaran alkohol yang terlalu banyak dapat mengakibatkan matinya sel-sel otak.
·    Isilah waktu anda bersama orang-orang lain. Kegiatan sosial dan berorganisasi dapat mencegah otak bermalas-malasan dalam kesendirian.
·    Hindari obat-obatan yang tidak perlu. Upaya menurunkan berat badan dan tekanan darah serta kadar kolesterol sering dapat ditempuh lewat diet dan olahraga ketimbang obat. Hati-hatilah dengan efek samping obat yang anda gunakan. Sebagian jenis obat tidur dapat mengakibatkan hilangnya daya ingat.
·    Tetaplah berolahraga setiap hari. Soalnya, kegiatan ini dapat memperlancar aliran darah ke otak.(*)

(Sumber Marianto Samosir )

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: