8 Rahasia Sukses


Seorang pengarang terkenal, Michael Jeffreys, mewawancarai 15 motivator top pada tahun 1997 untuk bahan menulis bukunya. Setelah berbicara dengan berbagai motivator, dari Brian Tracy sampai Dr. Wayne Dyer, ia meringkas 8 rahasia sukses yang ia temuka. Sampai saat ini, tentu saja rahasia itu masih bisa diterapkan!

Berikut 8 rahasia sukses yang dimaksud:

1. Bertanggung Jawab 100% Akan Hidup Anda

Orang sering kali menyalahkan pihak lain, dari orang tua sampai pemerintah, untuk masalah mereka sendiri. Anda tahu apa artinya? Menyalahkan orang lain berarti mengakui bahwa keberhasilan Anda tergantung dari orang lain.

2. Sengaja Menjalani Hidup

Apa yang membedakan antara orang sukses dengan orang gagal adalah bahwa orang gagal hanya menjalani hidup begitu saja dan berusaha agar ia tidak dihadapkan dengan masalah. Namun, ketika Anda ”sengaja” menjalani hidup, maka perhatian Anda adalah tentang bagaimana Anda bisa melakukan segala sesuatunya dengan baik.

3. Bersedia Membayar Harga

Bersedialah membayar harga untuk mimpi-mimpi Anda. Ingin mobil mewah dan rumah yang luas itu bagus, banyak orang yang mengingkanya. Tapi apakah Anda bersedia membayar harganya? Bersediakah Anda untuk mengorbankan uang atau waktu santai Anda? Ini adalah salah satu perbedaan besar antara orang sukses dengan orang gagal.

4. Tetap Fokus

Fokus berarti mengorbankan sesuatu karena Anda ingin menginvestasikan waktu Anda untuk sesuatu yang akan memberi hasil yang besar nantinya. Jack Canfield dan Mark Victor Hansen dahulu ditolak oleh 30 penerbit untuk buku ”Chicken Soup for The Soul”. Tapi bukannya menyerah, mereka fokus pada tujuan mereka, dan melakukan empat atau lima wawancara di TV, radio, dan koran lima kali seminggu selama satu tahun penuh. Akhirnya, suatu penerbit kecil mencoba menerbitkan, dan buku itu sekarang menjadi best seller untuk semua seri-serinya!

5. Menjadi Ahli dalam Bidang Anda Sendiri

Orang-orang sukses menekuni bidang mereka dengan serius. Mereka berusaha menjadi yang terbaik dalam apa yang mereka kerjakan, dan mereka bersedia melakukan hampir semua hal untuk memperbaiki kesalahan mereka. Jika seseorang menguntit Anda tiap hari dengan kamera perekam, apakah hasil rekamannya akan membuat Anda bangga atau justru malu? Maka putuskanlah hari ini juga untuk menjadi yang terbaik dalam bidang Anda, apapun itu. Bagaimana caranya? Temukan hal terbaik yang bisa Anda lakukan, dan seriusi bidang itu.

6. Menulis Rencana Untuk Mencapai Tujuan

Buatlah rencana tentang bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda. Mencapai tujuan tanpa rencana sama saja naik mobil dari Surabaya ke Jakarta tanpa peta. Anda tentu tahu akan satu kata bijak, ”If you fail to plan, then you plan to fail.” Jika Anda gagal merencanakan, berarti Anda merencanakan untuk gagal.

7. Tidak Mudah Menyerah

Jangan pernah menyerah. Ketika Anda berkomitmen untuk mencapai tujuan Anda, menyerah bukanlah pilihan. Anda harus bersedia melakukan apapun untuk mewujudkannya. Berusahalah terus menerus tanpa menyerah, seperti sebuah kata bijak ”Inch by inch, it’s a cinch.” – jika kita melakukan hal yang sulit sedikit- demi sedikit, maka lama kelamaan akan terasa mudah. Pikirkan tentang seekor cacing. Jika cacing memikirkan jauhnya jarak dari satu tempat ke tampat lain, mungkin cacing tak akan pernah ke mana-mana. Satu langkah mudah bagi manusia berarti langkah yang berat untuk seekor cacing. Jangan menyerah!

8. Tidak Menunda-Nunda

Tak ada orang yang tahu berapa banyak waktu yang tersisa sebelum mereka mencapai mimpi mereka, dan kita juga harus ingat bahwa kita tidak hidup di dunia untuk selamanya. Waku terus berjalan, dan cepat atau lambat kita akan hilang dari muka bumi ini. Orang sukses juga tahu ini, tapi mereka tidak melihat hal ini sebagai hal yang negatif. Mereka menggunakan ini sebagai pendorong. Mereka mengejar cita-cita mereka dengan sekuat tenaga, selagi mereka masih memilikinya.

(sumber http://www.targetpositif.com oleh Elsa Sakina)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: