Pindah dari Desa ke Kota Bikin Gemuk


(Foto: Ist)
NEW DELHI – Migran, atau orang-orang yang hijrah dari desa ke kota untuk bekerja, cenderung berisiko mengalami kegemukan dan penyakit diabetes dibandingkan saudara-saudara mereka yang tetap tinggal di kampung halaman.

Dalam studi yang melibatkan 6.510 partisipan dari India di wilayah utara, selatan dan tengah, ditemukan kesimpulan bahwa setengah dari migran mengalami penambahan berat badan antara enam hingga tujuh kilogram pada tahun ke sepuluh kepindahan mereka.

“Kami tidak melihat perubahan yang ekstrim, akan tetapi setengah dari mereka yang berpindah rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebesar enam hingga tujuh kilogram,” kata pemimpin studi Shah Ebrahim, seperti dikutip dari The Strait Times, Rabu (28/4/2010).

Ebrahim yang menjabat sebagai Director South Asia Network for Chronic Disease di New Delhi, India, menganggap hal ini sebagai satu peningkatan yang dramatis. Bahkan dikatakannya, beberapa orang mengalami peningkatan berat badan yang lebih besar dari itu.

“Alasan utama terjadi peningkatan berat badan yaitu asupan kalori yang lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk menyokong kegiatan fisik. Kami punya bukti bahwa mereka cenderung mengkonsumsi lebih banyak lemak dibandingkan penduduk di pedesaan,” terang Ebrahim.

Kemungkinan, hal ini dikarenakan mereka memiliki lebih banyak uang untuk membeli makanan apa saja yang mereka inginkan. “Kami juga menemukan, bukan jenis makanan barat yang menjadi penyebabnya melainkan justru makanan tradisional sendiri,” tambahnya.

Studi yang dipublikasikan di jurnal kesehatan PLoS Medicine ini mensurvei para pekerja migran yang mencari nafkah di empat pabrik. Migran berisiko tiga hingga empat kali mengalami kegemukan dan dua kali lebih rentan terkena diabetes, hipertensi dan kadar gula darah tinggi ketimbang saudara-saudara mereka yang tetap bekerja di pedesaan. (rah)

(sumber : okezone.com)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: