Fakta Unik

Fakta Unik Tentang Binatang

Dunia binatang sangat menarik untuk kita amati. Selain tingkah laku

mereka, juga banyak hal yang perlu kita ketahui, bahkan bisa bikin

kita terpana bila mengetahuinya. Coba perhatikan fakta-fakta berikut

ini:

1. Kalau kita berbicara tentang hewan tercepat di

muka Bumi, maka seringkali kita mengaitkannya

dengan cheetah, spesies kucing besar yang hidup

di dataran Afrika. Diduga kecepatan kucing ini

berkisar pada angka 70 mph (114 km/jam). Namun,

Fakta Unik Tentang Tanaman

Bisa dibayangkan tidak, dunia tanpa tanaman…? Pasti sumpek

banget dan makhluk seperti kita beserta binatang-binatang di dunia

pasti mati karena kehabisan oksigen. Yup, tanaman adalah makhluk

hidup yang memiliki nilai sangat penting dalam ekosistem bumi kita

yang semakin panas ini. Dan dunia tumbuhan memiliki beraneka

ragam jenis dan keunikan yang tidak kita bayangkan sebelumnya.

Tidak percaya? Perhatikan fakta berikut ini:

1. Tahukah Anda bunga dengan ukuran terbesar di dunia? Kalau Anda menjawab Rafflesia arnoldii, maka jawaban Anda tidak salah. Tanaman ini memang bisa tumbuh dengan lebar hingga semeter dan berat bisa mencapai 11 kg.

Fakta Unik Dari Laut Mati Hingga Atacama

keunikan yang patut diperhatikan. Danau Laut Mati merupakan tempat terendah di dunia dengan ketinggian 417,5 meter di bawah permukaan laut! Selain itu, Danau Laut Mati memiliki kadar keasinan air mencapai 33%. Maka tak heran banyak wisatawan dari seluruh dunia datang untuk mengapung di laut itu. Karena kadar keasinannya itu, hampir tidak mungkin makhluk hidup bertahan di dalam Danau Laut Mati. Namun begitu, sejumlah jenis bakteri tertentu masih mampu bertahan di danau tersebut. Sekedar informasi, lumpur Danau Laut Mati sangat berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit kulit.

Fakta Unik Tentang Tokoh-Tokoh Dunia

Beberapa fakta menarik berikut ini patut disimak. Bukan karena kehebatan tokohnya, namun karena fakta-fakta unik yang menyertai perjalanan hidup sang tokoh.

Meski hanya info-info selingan yang ringan-ringan, tapi lumayanlah buat menyegarkan otak kita yang dijejali berita-berita yang berat- berat…

1. Tentu Anda semua kenal dengan Kubilai Khan. Yup, kaisar Mongol yang sangat kejam dan ekspansif ini ternyata memiliki sisi toleransi yang sangat tinggi. Percaya tidak, Kubilai Khan adalah tokoh pemimpin dunia pertama yang menyatakan bahwa hari-hari besar agama Buddha, Kristen, Yahudi, dan Islam dijadikan sebagai hari libur resmi kenegaraan. Asal tahu saja, Kubilai Khan

Fakta Unik Ilmu Pengetahuan Pasti

Dulu saya paling benci dengan yang namanya pelajaran fisika dan kimia. Mungkin yang membuat saya begitu benci dengan kedua pelajaran itu adalah seringkali guru dalam menjelaskan mata pelajaran tersebut lebih menitikberatkan pada teori dan rumus-rumus yang njelimet. Padahal kalau fisika dan kimia diajarkan dengan cara yang berbeda, sebenarnya kedua mata pelajaran itu tidaklah seseram yang kita kira. Bahkan ada banyak hal unik dan menarik dari konsep-konsep fisika dan kimia yang bisa disampaikan. Nah, kali ini saya mencoba memaparkan sejumlah fakta unik tentang konsep-konsep ilmu pengetahuan pasti ini, dan akan saya buktikan bahwa sebenarnya fisika dan kimia itu sebenarnya sangat menyenangkan dan menarik untuk dipelajari.

Fakta Unik Kota-Kota Di Dunia

Kadang sejarah suatu kota lebih tua dari pada sejarah negaranya. Di  situlah uniknya suatu kota. Berawal dari pertemuan antara manusia dengan manusia lain, melakukan aktivitas, baik berdagang, berinteraksi, berkeluarga, hingga membentuk komunitas. Maka terbentuklah suatu kota. Fakta-fakta berikut adalah bentuk keunikan suatu hasil interaksi sosial manusia, dimana tidak hanya sejumlah manusia berkumpul dan beraktivitas, tapi juga memunculkan sejumlah identitas unik yang patut kita simak:

Fakta Unik Internet

Internet bukan barang baru lagi bagi kita. Dikit dikit, nyari di internet, dikit dikit nyari di internet. Sampai ada iklan lumayan lucu dari perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia (you know-lah…) yang dialognya bisa gak nyari kambing hilang di internet. Memang, internet telah menjadi katarsis yang merevolusi budaya masyarakat dunia menuju masyarakat informasi. Indonesia yang masih tertinggal soal internet pun sudah mulai terbawa arus perubahan masyarakat dunia tersebut.

Fakta Unik Bertani dan Beternak

Sebagai bangsa yang (katanya) agraris, Indonesia tentulah diberkahi oleh Sing Duwe Urip tanah yang subur dan kondisi tropis yang sangat mendukung untuk bercocok tanam dan beternak. Tanah yang gemah ripah loh jinawi ini tentu seharusnya bisa menjadi aset bangsa yang berharga dan sudah semestinya dimanfaatkan sebesar- besarnya demi kemakmuran bangsa. Namun yang ada sekarang adalah bangsa kita terus menerus mengimpor beras dari Vietnam yang tidak lebih besar dari Indonesia, terus terusan kena wabah flu burung yang tidak tuntas-tuntas juga, hingga masalah dana Departemen Kelautan dan Perikanan yang seharusnya dimanfaatkan oleh para nelayan yang sedang kesulitan solar. Namun ya sudahlah, mungkin lebih baik kita coba simak berbagai fakta dan informasi yang unik ini soal bertani dan beternak berikut ini:

Fakta Unik Perang, Bencana Kemanusiaan

Clausewitz, bapak ilmu perang modern, mengatakan perang adalah kelanjutan lain dari politik. Dengan kata lain perang hanyalah salah satu strategi politik suatu pihak atau negara. Namun yang tidak pernah bisa kita bayangkan adalah dampak yang ditimbulkan dari perang itu sendiri. Ibarat pepatah, kalah jadi abu, menang jadi arang. Tidak ada kemenangan yang hakiki dalam suatu peperangan. Dalam sejarah juga mencatat manusia memang tidak pernah belajar dari kehancuran peradaban yang diakibatkan oleh mereka sendiri. Bagaimanapun perang bukanlah suatu solusi yang tepat dalam menyelesaikan suatu masalah. Namun perang tidak bisa dihindari apabila salah satu pihak mengancam jiwa dan kedaulatan wilayah pihak lain. Dan seringkali perang dimulai dari hal-hal yang sifatnya sepele. Nafsu memiliki, keserakahan, gila kekuasaan, hingga nafsu berekspasi lebih sering mendominasi daripada hanya sekedar membela diri. Fakta-fakta berikut ini mungkin bisa menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa atas nama apapun, peperangan tetaplah merupakan bencana kemanusiaan yang paling mengerikan di muka bumi ini:

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: